RSS

Museum Mandala Wangsit Siliwangi


LOKASI Jalan : Tamblong No. 38 Bandung

Kelurahan : Braga

Kecamatan : Sumur Bandung

 

Bangunan museum sekarang yang berdiri di atas tanah seluas 4.176 m2 dengan luas bangunan 1.674 m2, memiliki gaya arsitektur Late Romanticism yang merupakan gedung bekas bangunan Belanda yang dibangun tahun 1910-1915 oleh pemerintah Belanda untuk tempat tinggal salah seorang perwira Belanda.

Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan, sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya. Nama jalan tempat museum ini, Jl. Lembong, diambil dari nama Letkol Lembong, salah satu prajurit Siliwangi yang menjadi korban dalam Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil.

Sebelumnya jalan itu bernama Oude HospitaalwegSetelah ditinggalkan oleh Belanda, pada tahun 1949-1950 gedung ini diambil alih oleh pasukan Siliwangi yang digunakan sebagai Markas Divisi Siliwangi (Militaire Akademie Bandung). Barulah pada tanggal 23 Mei 1966 sampai sekarang gedung ini digunakan sebagai Museum Mandala Wangsit Siliwangi oleh Panglima Divisi Siliwangi ke-8 Kolonel Ibrahim Adjie. Pada tahun 1977 dibangun gedung baru tingkat II yang diresmikan tanggal 10 November 1980 oleh Pangdam Siliwangi ke-14 Mayjen Yoga Sugama dan prasastinya ditandatangani oleh Presiden RI Soeharto.

 

Leave a comment