RSS

Gedung Bank Indonesia – Bandung


LOKASI

Jalan : Braga No. 108 Bandung

Kelurahan : Braga

Kecamatan : Sumur Bandung

Gedung bank ini terletak di Jalan Braga, beberapa puluh meter di sebelah selatan taman yang dulunya bernama Pieter Sythol Park yang sekarang bernama Taman Merdeka. Bangunan ini denahnya berbentuk hamper bujur sangkar, pada ke empat sisinya terdapat bagian yang menonjol, sehingga membentuk denah seperti salib yang pandangan dari barat, timur dan selatan semuanya simetris.

Semula bangunan ini bernama Javanche Bank yang dibangun tahun 1915-1918 dari hasil rancangan arsitek Hulswit, Fermont, dan Ed. Cuypers dengan gaya arsitektur Neo-Klasik (Electicism). Bangunannya lebih indah dan apik daripada beberapa bangunan sejenis yang ada di Eropa yang mempunyai nilai arsitektur bersejarah tinggi serta mempu nyai peran besar dalam pembentukan ruang kota yang baik sehingga perlu dilakukan pencagaran agar keserasian tetap terpelihara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gedung ini merupakan contoh yang cukup berhasil dari gaya arsitektur Belanda campuran dan bangunan penting dalam lingkungan karena sebagai “Landmark” yang memiliki keindahan dan juga elemen bangunan yang tinggi berbentuk menara, sehingga mudah dilihat dari jarak jauh. Selain itu juga merupakan bangunan yang terletak dalam kawasan dilindungi karena berada di kawasan Perumahan Utara dan Tenggara bersejarah.

 

Leave a comment